DSC_0047

DEPOK – Pada hari Sabtu, 19 Maret 2016 kemarin UKM Center FEB UI sukses menyelenggarakan Pelatihan Business Model Canvas (BMC), yang merupakan pelatihan berbayar pertama dalam rangkaian Seri Pelatihan Bisnis UKMC FEB UI 2016. Pelatihan BMC ini diikuti oleh 16 peserta dari berbagai jenis usaha, dengan trainer Ibu Dewi Meisari (BMC trainer, mantan Kepala UKMC FEB UI dan Dosen FEB UI). Tema BMC ini sengaja dipilihsebagai pelatihan awal mengingat masih banyaknya UKM yang belum begitu mengerti model bisnis yang mereka jalankan. Akibatnya dalam pengembangan bisnisnya mereka sulit untuk fokus dan terkadang banyak melakukan aktivitas yang kurang efektif dan efisien dalam bisnisnya. Melalui BMC para peserta pelatihan diajarkan untuk membuat sebuah gambaran sederhana mengenai komponen-komponen yang penting di dalam usaha mereka dan keterkaitannya satu sama lain sebagai dasar bagi mereka untuk melakukan aktivitas bisnis ke depannya dengan lebih mudah dan terarah.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari berbagai kalangan dan usia, yang semuanya adalah pelaku usaha, baik yang usahanya sudah berjalan maupun yang pada tahap awal memulai usaha (start-up). Hampir seluruh peserta mengungkapkan bahwa pelatihan ini cukup menarik dan penting untuk diikuti oleh para pelaku UKM. Namun demikian, banyak diantara peserta pelatihan yang merasa cukup puas mengikuti pelatihan ini dan cukup mendapat gambaran bagaimana membuat BMC bisnis mereka masing-masing. Bahkan beberapa peserta juga meminta untuk diadakan Pelatihan BMC lanjutan, agar mereka semakin mahir dan mendalam pengetahuannya terkait BMC ini. Selain mendapatkan arahan dan juga masukkan mengenai BMC dari bisnis mereka masing-masing dari trainer, para peserta juga mendapatkan buku Panduan Praktis Menjadi Wirausaha dan sertifikat pelatihan dari UKM Center FEB UI.

DSC_0108

Pelatihan Business Model Canvas (BMC) ini adalah tema awal dari rangkaian pelatihan yang akan dilakukan oleh UKM Center FEB UI selama tahun 2016.  Pada rangkaian Seri Pelatihan Bisnis UKMC 2016 nantinya akan diselenggarakan berbagai pelatihan dengan tema yang berbeda setiap bulannya, termasuk di dalamnya kegiatan Wisata Bisnis.

Tertarik untuk mengikuti rangkaian Seri Pelatihan Bisnis UKMC lainnya? Pantau terus website UKM Center FEB UI untuk mengetahui jadwal dan tema pelatihan selanjutnya, atau daftarkan diri anda untuk menjadi peserta binaan UKMC FEB UI agar mendapatkan diskon khusus dalam pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan UKMC FEB UI ke depannya.

Salam hangat dan semangat!!! 🙂

 

1 Komentar. Leave new

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu