UKM CENTER FEUI kembali mengadakan bedah UKM dengan tema “Kemasan Kreatif dan Unik Gandakan Keuntungan”. Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 15 Mei 2013 bertempat di Student Center FEUI mulai pukul 10.00-13.00. Dengan narasumber Bpk. Budwi Brontosantoso (Senior Manager Regulatory & Goverment Affairs PT. Fonterra Brands Indonesia) dan ibu Hj. Darningsih Rustiaji (pemilik dari Packaging House). Jalannya acara tersebut dipimpin oleh moderator Bpk Guntur, beliau merupakan dosen dari FEUI.

Narasumber pertama Bpk. Budwi Brontosantoso, beliau memaparkan bahwa Kemasan Produk oleh sebagian pebisnis terutama kalangan UKM dianggap sebagai hal kecil yang kadang luput dari perhatian. padahal, kemasan memiliki fungsi yang sangat penting, mulai melindungi produk, image, citra dan identitas produk, dll. Karena itulah, jangan sesekali menganggap kecil keberadaan kemasan produk. Dalam kemasan haruslah mengandung unsur “science dan technology”. Teknologi dibutuhkan karena saat penyimpanan, distribusi/pengiriman, kemasan itu harus mampu menjaga isi produk utama. Dalam teori marketing modern, Budwi mengatakan terdapat 5P yang harus dipenuhi yaitu, Product – Place –  Price – Promotion – Packaging. Packaging menjadi point terakhir dari 5P karena kemasanlah yang terakhir mampu berbicara langsung dengan konsumen. Bisa dibayangkan produk yang dikemas dengan menarik disebuah toko, maka tentunya akan lebih menarik perhatian konsumen. Kemasan pada sebuah produk akan menunjukkan profesionalitas dan kualitas produk anda. Dalam desain kemasan buatlah tampilan kemasan dengan desain yang tepat, menarik, dan kreatif. Buatlah desain kemasan produk anda dengan memenuhi unsur berikut ini, Atraktif – Simpel – Inovatif – Praktis – Berbeda. Tak dipungkiri lagi desain yang menarik pada kemasan produk memang membuat konsumen memilih dan membeli produk anda.

Narasumber kedua Ibu H. Darningsih, beliau memaparkan bahwa kemasan adalah sebuah tren yang dilihat oleh konsumen agar produk itu bisa dipasarkan. Selain itu dijelaskan bahwa fungsi dari kemasan adalah yang pertama sebagai fungsi fisik yaitu sebagai wadah dan pelindung produk yang dikandung di dalamnya. Oleh karenanya, kemasan produk harus handal terhadap benturan, sinar matahari, tekanan, temperatur, air, debu, udara dan aman ketika penyimpanan dan pengiriman, serta aman saat dan setelah kandungannya dikonsumsi. Kedua sebagai fungsi Informasi. Kemasan Produk yang baik tidak hanya tahan secara fisik, tapi juga harus memenuhi fungsinya untuk memberikan informasi yang benar kepada konsumen. Informasi yang dimaksud adalah segala sesuatu yang dipandang penting untuk diketahui oleh konsumen. Ketiga, sebagai fungsi promosi. Kemasan produk juga harus memenuhi fungsinya sebagai media promosi. Terkait hal ini, Kemasan Produk tentunya harus unik, menarik, bisa melakukan presentasi dengan sendirinya, serta mampu memberikan kesan pertama yang menarik dan membujuk konsumen agar berniat dan aksi untuk membelinya.  Macam-macam jenis kemasan yang sering kita jumpai adalah: kemasan karton, kemasan plastik, kemasan logam, kemasan kaca, kemasan karung, kemasan kayu, dsb. Tips yang harus diperhatikan dalam membuat kemasan produk: 1. Ciptakan kemasan produk yang unik dan menarik. 2. Sesuaikan desain kemasan dengan isi produk. 3. Ciptakan kemasan dalam berbagai ukuran, 4. Pilih kemasan yang dapat didaur ulang. 5. Sesuaikan kemasan dengan karakter konsumen. Dengan kemasan produk yang unik dan menarik juga dapat membentuk imageatau citra suatu produk. Untuk itu para pelaku usaha sebaiknya mengetahui pentingnya kemasan produk, dan dapat mempraktekannya dalam menjalankan usaha. Semoga bermanfaat, salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu