Pada tanggal 16 Mei 2013 bertempat di Student Center FEUI mulai pukul 13.00-16.30 UKM-CENTER FEUI kembali mengadakan bedah UKM dengan tema “Manisnya Berbisnis OnLine”. Narasumber yang ditangkan adalah pakar dari “Vibas ICT Master Academy” (VIMA) yaitu Ibu Dewi Lajolie dan pemilik bisnis online “rahma-oshop.com” Ibu Siti Rahma Yuliati. Jalannya acara tersebut dipimpin oleh moderator Bpk Sisdjiatmo, beliau dari Lembaga Demografi FEUI. Adapun uraian isi Bedah UKM siang itu adalah

Narasumber pertama Ibu Dewi Lajolie, beliau memaparkan bahwa data statistik yang dihimpun dari Internetworldstats.com pengguna internet diIndonesia dari tahun ke tahum mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan, kurang lebih diantaranya adalah: ±55 juta pengguna internet, ±44 juta pengguna facebook, dan ±20 juta pengguna twitter. Bahkan riset yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII) 22,8% (14juta) pengguna internet di Indonesia sudah melakukan belanja online. Hal ini senada dengan survei dari Master Card Worldwide online Shopping ditahun 2011, bahwa warga Indonesia melakukan transaksi paling banyak belanja online se Asia Pasifik. Dari data tersebut dapat kita ketahui pengguna internet di Indonesia sangat besar, hal ini merupakan peluang untuk memasarkan dan mengembangkan produk bisnis melalui internet. Transaksi perdagangan barang atau jasa dengan memanfaatkan teknologi internet dan menggunakan media elektronik disebut dengan E-Commerce, atau juga sering disebut toko OnLine. Diantara toko online berbasis teknologi dari Indonesia yang sukses meraup keuntungan dari dunia internet seperti: bhinneka.com, tokobagus.com, berniaga.com, dll. Jika anda sudah memiliki usaha atau ingin memiliki toko online, penyedia jasa pembuatan toko online dapat kita temui seperti Bizweb.com, hal ini akan memudahkan anda memiliki toko online dengan praktis, cepat, dan murah, sehingga keuntungan usaha anda berlipat. Mari kita manfaatkan teknologi yang ada untuk kesuksesan bersama.

Narasumber kedua adalah pelaku bisnis online yang memiliki “rahma-oshop.com” sebagai toko onlinenya. Mantan pegawai dari salah satu Bank BUMN ini memilih keluar dari pekerjaannya yang kemudian sukses dengan bisnis toko onlinenya. Saat ini beliau sudah memiliki 7 pegawai dan 100 lebih reseller baik didalam maupun luar negeri untuk memasarkan produknya. Keuntungan yang didapat dari bisnis online adalah pemasaran tanpa batas, waktu bebas, tempat kerja bebas, dan low cost. Selain itu beliau membagi 10 tips sukses dalam menjalankan bisnis onlinenya: 1. miliki website, 2. kuasai berbagai social media dan blog, 3. fahami dan datangi market place, 4. manfaatkan jasa Instant Messengger dari gadget anda, 5. tentukan spesifikasi produk yang akan dijual, 6. pelajari SEO, 7. usahakan customer meninggalkan testimoni positif setelah belanja produk, 8. miliki strategi promosi produk dan harga yang menarik customer, 9. rekrut karyawan yang kompeten, dan 10. sesuaikan dengan standar operasional prosedur (SOP). Semoga tips ini dapat membantu anda dalam menjalankan bisnis online.

Acara berjalan dengan lancar dan antusias peserta sangat tinggi. Hal yang sangat membanggakan siang itu adalah sebagian peserta tidak hanya dari pelaku bisnis maupun akademisi kampus, namun terdapat peserta dari siswa SMA Alam yang dengan semangat untuk mengikuti acara Bedah UKM siang itu. Semoga ini merupakan kebangkitan dari penerus bangsa indonesia untuk memajukan UKM Indonesia.

Salam semangat dan majulah UKM-Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu