SIARAN PERS

Citi Micro-Entrepreneurship Award 2012:

Bersama Wirausaha Mikro meningkatkan Ekonomi Kerakyatan

Citi Peka bersama UKM Center FEUI menggelar Citi Micro-Enterpreneuship Award (CMA) 2012

Jakarta – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia menunjukkan bahwa jumlah UMKM di Indonesia pada 2011 mencapai 55,21 juta unit, di mana usaha mikro sendiri sebanyak 54,55 juta unit, diikuti oleh usaha kecil yang berjumlah sekitar 602 ribu unit, dan usaha menengah sekitar 44,3 ribu unit.Sekitar 97% tenaga kerja Indonesia diserap oleh sektor UMKM, bahkan utamanya diserap oleh sektor usaha mikro yang telah menyerap sekitar 93 juta jiwa atau 86% dari total tenaga kerja. Tak hanya itu, sektor UMKM juga menyumbang  kontribusi besar terhadap PDB nasional Indonesia, yaitu sekitar 56,6%. Dengan demikian, baik dari sisi penyediaan lapangan kerja maupun sumbangan kepada PDB, adalah besaran kontribusi yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Dalam upaya memotivasi dan menginspirasi wirausaha mikro, Citi Peka bersama UKM Center FEUI kembali menggelar Citi Micro-Enterpreneuship Award (CMA) 2012. Program ini merupakan komitmen Citi dalam memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para wirausaha mikro yang berprestasi. CMA bertujuan untuk mengembangkan usaha dan memperluas jejaring wirausaha mikro dengan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang memberi pinjaman. Tahun ini CMA memasuki tahun ke-8, dan selama 7 tahun CMA telah diikuti oleh 3.892 pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia dan menghasilkan 73 pemenang.

Pada tahun ini kategori yang diperlombakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Adapun kategori tahun ini terdiri dari 4 (empat) kategori, yaitu wirausaha mikro perempuan, wirausaha mikro sosial, wirausaha mikro berwawasan lingkungan, dan wirausaha mikro pelestarian kebudayaan; serta secara umum akan turut dipilih wirausaha mikro terbaik. Masing-masing kategori akan dipilih 2 (dua) orang pemenang (pemenang pertama dan pemenang kedua), ditambah dengan 1 (satu) wirausaha mikro terbaik 2012, maka total pemenang ada 9 (sembilan) orang. Pemenang pertama untuk masing-masing kategori akan menerima hadiah senilai Rp20 juta, sementara untuk pemenang keduasenilai Rp15 juta. Khusus pemenang wirausaha mikro terbaik 2012 akan memperoleh Rp25 juta. Dewan juri terdiri dari 6 (enam) orang yang terdiri dari unsur akademisi, perbankan, pemerintah, pengusaha, psikologi, dan media.

***

Tentang Citi

Citi, perusahaan finansial terkemuka di dunia, memiliki sekitar 200 juta nasabah dan memiliki transaksi bisnis di lebih dari 140 negara. Melalui Citicorp dan Citi Holdings, Citi menawarkan beragam produk dan layanan finansial kepada konsumen, korporasi, pemerintahan dan institusi. Produk-produk tersebut, mencakup perbankan ritel dan kredit, perbankan korporasi dan investasi, perdagangan sekuritas, jasa transaksi, serta wealth management. Informasi lengkap dapat diperoleh

di www.citigroup.com, www.citi.com, atau www.citibank.co.id.

Citi Foundation memfokuskan pemberian dana pada tiga bidang: pendidikan finansial, memberikan pendidikan pada generasi penerus dan membangun komunitas serta pengusaha. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi: www.citigroup.com/citigroup/corporate/foundation/

Tentang UKM-Center FEUI

Pada tahun 2005, PBB menetapkan tahun 2005 sebagai International Year of Microcredit dalam rangka penanggulangan kemiskinan melalui pengembangan usaha mikro kecil. Di tahun yang sama, Dekan Fakultas Ekonomi UI juga merasakan perlunya dibentuk suatu lembaga di bawah payung fakultas yang fokus di kegiatan pengabdian masyarakat, untuk menyempurnakan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat). Dengan latar belakang tersebut didirikanlah Pusat UKM atau UKM Center FEUI, sebagai unit FEUI yang fokus pada kegiatan pemberdayaan usaha mikro kecil  dan pendorongan semangat kewirausahaan. Dengan mengusung moto “Bersama kita membangun ekonomi kerakyatan”, UKM Center FEUI aktif bersinergi dengan berbagai kalangan, baik pemerintah, bisnis, perguruan tinggi, dan berbagai lembaga swadaya masyarakat, dalam rangka mengoptimalkan perannya dan memperluas jangkauan layanannya.

Sampai saat ini kegiatan UKM Center FEUI mencakup penelitian, advokasi kebijakan, pelatihan, pembinaan (mentoring usaha), inkubasi bisnis, pemberian penghargaan, sampai penyaluran kredit. Adapun pendirian UKM Center FEUI disahkan melalui SK Dekan No. KPTS/229/D/2005, pada 20 Mei 2005, di mana Dr. Ir. Nining I. Soesilo, MA diangkat sebagai Kepala UKM Center FEUI. Untuk saat ini, beliau telah menjadi pembina, dan digantikan oleh Hilda Fachriza SE, ME.

Untuk keterangan lebih lanjut silakan hubungi:

 

Mona Monika

Acting Head of Corporate Affairs

Citi Indonesia

Tel. (021) 5290-8327

Fax. (021) 5290-8303

mona.monika@citi.com

 

 

Mira Indrayani

Manager Divisi Penghargaan dan Pengelolaan Komunitas

UKM-Center FEUI

Tel. (021) 788890402

Fax: (021) 78884487

mira@ukm-center.org

www.ukm-center.org

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu