Pelatihan di Surabaya

Surabaya bukanlah kota yang asing bagi personil UKM Center Fakultas Ekonomi UI (UKMC UI), selain karena cukup banyak UKM yang pernah disurvei di daerah ini, kota ini juga menyimpan potensi lembaga keuangan mikro yang cukup besar. Kedatangan personil UKM Center FEUI kali ini ke kota Pahlawan ini, selain untuk memenuhi kerjasama dengan BKPM dalam mengisi materi Penyuluhan Usaha Nasional bagi UKM Unggulan di Jawa Timur juga untuk bertatap muka kembali dengan eks finalis dan pemenang Citi Microentrepreneurship Award 2005 – 2011. Tak hanya itu Ibu Hilda Fachriza selaku Kepala UKM Center FEUI ditemani Ibu Naila M Tazkiyyah selaku Asisten Wakil Kepala juga menyambangi beberapa intansi penggiat kewirausahaan di Kota Surabaya, salah satunya UKM Center Dinkop dan UKM Propinsi Jawa Timur.

Kunjungan pertama yang dilakukan setibanya di Surabaya adalah bertemu dengan Ibu Ningky Poesponegoro, selaku Kepala Bidang UMKM di Dinas KUKM Propinsi Jawa Timur. Apa yang kami dapat? Banyak sekali. Jadwal short course rutin yang telah tersaji sejak berada di lobi gedung, cerita tentang replikasi short course dan UKM Center Dinas KUKM di Kabupaten lainnya, klinik UKM yang dimiliki, perpustakaan lengkap, juga klinik UKM Mobile dengan mobil khusus yang keliling ke daerah tempat banyak pengusaha berkumpul menjadi pelajaran menarik untuk dilaksanakan pula di UKMC UI. Pusat souvenir dan showroom poduk dari 38 kabupaten tak lupa pula kami kunjungi.

 

Tak puas hanya mendengar cerita aktifnya UKM Center Dinkop UKM Prop Jawa Timur hanya dari Ibu Ningky, Kepala UKMC UI pun mendatangi klinik UKM tempat UKM di Jawa Timur bebas berkonsultasi dan menimba ilmu. Ternyata benar, fasilitas yang disediakan amat memadai. Gambar – gambar di bawah ini semoga dapat memvisualisasikan apa yang tim UKMC UI lihat saat melakukan kunjungan ke sana.

 

Setelah puas bersilaturahmi di Dinas KUKM Prop Jawa Timur, Tim UKMC UI menuju ke jantung kota Surabay tepatnya di Kampus B Universitas Airlangga, tempat Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) Unair berada. Setibanya di sana tim PPKK telah siap menyambut dan bagaikan saudara jauh yang lama tak berjumpa, obrolan ringan pun mengalir hingga ke diskusi yang agak “berat” terkait program kewirausahaan yang dijalankan masing – masing instansi.

PPKK Unair sebelumnya lebih fokus untuk mengembangkan kewirausahaan mahaiswa internal dan belum membina masyarakat setempat, namun mulai tahun ini, didukung oleh Rektor dan segenap civitas akademika Unair, PPKK berusaha pula untuk dapat mengembangkan iklim kewirausahaan masyarakat sekitar dan warga Jawa Timur pada umumnya. UKMC UI pun banyak memberikan masukan terkait program kewirausahaan bagi masyarakat luas dan bagaimana menarik BUMN dan Perusahaan Swasta untuk ikut berperan membina para pengusaha UKM di sekitar UKM Center berada.

 

Sebelum menutup hari kunjungan pertama di Surabaya, Tim UKMC UI mendatangi pula pameran produk dalam negeri yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan UI di Gramedia Expo, Surabaya. Dan… tak disangka ternyata saat berkeliling salah satu peserta pameran tersebut adalah binaan UKMC UI saat WM 2011 lalu. Seperti biasa, momen foto bersama tidak boleh dilewatkan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu